CARICA PAPAYA DIENG

Carica Pepaya dieng

Budidaya tanaman langka yang ada di Pegunungan Dieng Jawa Tengah. Tanaman yang termasuk bagian keluarga dari Pepaya tersebut , sekarang sudah banyak di temukan hampir di Lereng Pegunungan Dieng. Dengan suhu yang dingin buah atau tanaman Pepaya gunung itu bisa tumbuh subur.

Kates ( masyarakat menyebutnya ) dan lebih dikenal dengan nama buah Carica Gunung Dieng. Buah yang memiliki tekstur lembut, berwarna kekuningan, rasa asem, dan bergetah putih tersebut ,sekarang banyak di buru oleh wisatawan yang berkunjung ke Daerah Wisata Dataran Tinggi Dieng. Hingga sampai sekarang ini banyak di jumpai para pembuat Manisan Carica ( Jus ,Sirup dan beraneka macam ).

Sejarah dari budidaya tanaman Carica diawali oleh bangsa Belanda yang berada di Daerah Dieng ( Era Kolonial ) karena, suhu atau cuaca yang cocok dengan iklim Eropa , mereka mengembangkan tanaman atau Buah Carica di dataran Tinggi Dieng. selain Carica juga ada Buah Terong Belanda ( Khemar ). Di indonesia Buah carica hanya di temui di daerah pegunungan Dieng saja ( Selain Amerika Latin, Chili ). Bagi anda yang belum merasakan buah yang satu ini , diarea Wisata Dieng banyak di Jual dalam kondisi yang siap saji ( Botol ) dan bisa juga di jadikan Buah Tangan Dari Pegunungan Dieng untuk keluarga dan  Saudara tercinta di rumah.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s